BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 12 Mei 2010

Persiapan UKM Indonesia online dalam mengahadapi globalisasi


Perkembangan UKM di Indonesia ternyata paling tangguh menghadapi perubahan siatuasi pasar. Pada saat krisis sudah terbukti bahwa UKM masih ada sampai sekarang. Bangsa ini terlalu besar untuk ditaklukkan hanya karena krisis moneter. Kemampuan bertahan dari UKM Indonesia sudah melewati batas. Walaupun badai masalah menerpa, maju terus walaupun keuntungan diperkecil, asal laku barang dagangannya.

Masyarakat Indonesia dalam berkarya tidak perlu di pertanyakan lagi dalam daya saing kualitas produksi. Kelemahan paling mendasar adalah pemasaran. Ilmu pemasaran yang dimiliki UKM sekarang adalah ilmu pemasaran turun-temurun. Tidak melakukan perubahan akibat perkembangan jaman. Saat ini UKM produk ekspor bisa memanfaatkan internet sebagai alat pemasaran.

Urutan pemasaran melalui internet sbb:

1. Memiliki website dengan domain yang mudah diingat.
2.
Daftarkan ke www.export-import-indonesia.com

3. Daftarkan
ke www.TradeWorld.com
4.
Daftarkan ke www.woodfurniture.net jika produknya furniture
5.
Selalu cek email tiap hari, untuk merespon email buyer yang masuk

Tujuan utama dari penggunaan internet sebagai alat pemasaran adalah untuk membuka kesempatan perdagangan bagi para pengusaha terutama yang baru terjun di bisnis, yang sebelumnya sangat tidak mungkin untuk menjangkau dan memperluas pasarnya di perdagangan internasional.

Tips dasar agar UKM terlihat besar di internet:

1. Milikilah website yang terkesan profesional
2. Menggunakan email domain perusahaan, jangan menggunakan email gratisan.
3. Tulislah alamat perusahaan dengan jelas dan lengkap. Alamat lengkap merupakan nilai plus kepercayaan dari buyer.
4. Pasanglah hotline service di website, misalnya dengan menggunakan Yahoo Messenger (YM) agar buyer bisa chatting dengan kita secara online.
5. Berusahalah meyakinkan buyer untuk trial order dahulu.

0 komentar: