BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 14 Mei 2010

Asal Mula Coklat


Cokelat dibuat dari biji yang berasal dari dari pohon Theobroma cacao. Tanaman ini awalnya tumbuh di kaki Gunung Andes di Amazon dan lembah Orinoco di Amerika Selatan. lewat penemuan sisa cokelat pada sebuah teko milik suku Maya, diperkirakan suku kuno tersebut sudah meminum cokelat sejak 26 ribu tahun lalu.

Hal itu membuat suku Maya tercatat sebagai suku tertua yang mengkonsumsi cokelat. Dalam perkembangannya, pohon cokelat itu akhirnya diperkenalkan ke Amerika tengah oleh suku Maya. lantas ditanam di Meksiko oleh suku Toltec, dan belakangan oleh suku Aztec.

Selanjutnya, cokelat menjadi komoditas penting bagi penduduk pra Mesoamerika Kolombia. Tak mengherankan jika Moctezuma II, Raja Aztec kala itu, tidak mengambil hidangan lain selain cokelat yang disajikan pada gelas minum dari emas berbentuk piala dan memakan cokelat dari sendok emas. Cokelat baru diperkenalkan di Eropa oleh orang-orang Spanyol dan menjadi minuman populer pada 1700. Bangsa ini juga memperkenalkan pohon Theobroma cacao hingga Hindia barat dan Filipina.

Pada 1828, J. van Houten mematenkan sebuah metode guna mengambil lemak dari biji cokela dan membuat bubuk cokela. Van Houten juga mengembangkan sebuah proses untuk menghilangkan rasa pahit cokelat dengan alkali. Cara ini memungkinkannya untuk membentuk cokelat modern berbentuk batang.

Kini Cokelat telah menjadi makanan dan minuman yang dikenal luas, bahkan digemari banyak kalangan. Hingga kini tercatat bahwaBelgia menjadi negara tertinggi konsumsi cokelat per Kapitanya, yakni 5,5 kg. Jumlah itu lima kali lebih besar dibanding rata-rata konsumsi cokelat dunia.

0 komentar: