BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 15 Mei 2010

Makanan untuk Penderita Diabetes

Diabetes mellitus atau yang biasa disebut penyakit kencing manis adalah salah satu penyakit yang umum ditemui di masyarakat Indonesia. Jumlah penderita penyakit inipun bertambah dari tahun ke tahun. Pemicu diabetes mellitus adalah rusaknya pankeas sebagai penghasil insulin (hormone yang mengendalikan glukosa dalam darah) atau insulin yang dihasilkan pancreas tidak berfungsi dengan baik.

Metode mengurangi resiko dan menghambat parahnya penyakit kencing manis adalah dengan mengatur pola makan dengan ketat. Penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak gampang terurai, bukan seperti gula atau sirup yang memiliki karbohidrat yang gampang terurai.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah turunan tepung putih dan nasi, dua makanan ini mengandung kadar gula tinggi. Makanan turunan tersebut diantaranya adalah donat, roti putih, kue tart, sereal manis, nasi putih dan kentang goreng.

Sementara makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah turunan susu seperti yogurt atau susu kental manis. Selain turunan susu, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan juga baik bagi penderita diabetes. Kentang rebus, kacang merah atau ubi garut adalah salah satu contoh makanan vegetarian pengganti nasi atau tepung putih yang cocok bagi penderita diabetes. Sementara untuk buah-buahan, jangan mengkonsumsinya sebagai jus buah dan ada beberapa buah yang tidak baik seperti kelengkeng, rambuatan dan semangka.

sumber: www.google.co.id

0 komentar: