BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 21 Mei 2010

Cara Menyesuaikan Diri Dengan Pekerjaan Baru

Manfaatkan program mentoring
Bila perusahana tempatmu bekerja menyediakan program mentoring, lekas-lekaslah mendaftar dan jangan sia-siakan kesempatan ini. kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari seorang mentor yang baik. Misalnya darinya kamu bisa mendapatkan berbagai kesempatan membuat jejaring dari berbagai kalangan. Mentor juga akan memberimu tip untuk bisa berprestasi baik dalam pekerjaan, membantumu merealisasikan tujuan jangka panjang, juga menjelaskan tentang strategi penataan karier yang mungkin akan kamu jalani di kemudian hari.

Tulis semuanya dengan mendetil
Mencatat segala detil yang penting memang perlu. Tetapi pada minggu-minggu pertama, sebaiknya kamu memfokuskan diri untuk lebih banyak berinteraksi dengan sesama rekan kerja dan atasan, terutama bila sedang mengadakan rapat. Terlalu banyak mencatat juga akan meninggalkan kesan yang kurang baik. Sebagai solusinya, cobalah mencatat hal-hal yang tidak sempat dicatat saat rapat setelah kembali ke tempat dudukmu. Catat data dengan mendetil, mulai dari nama rekan sekerja, hingga data-data lain. Jangan lupa mencatat tentang hal-hal lain yang mendukung pekerjaan seperti di mana sekretaris menyimpan ATK, jam berapa Office Boy membersihkan tempat sampah dan lain sebagainya.

Perhatikan dress code.
Beberapa jenis pekerjaan menentukan cara berpakaian yang sangat jelas. misalnya bila kamu bekerja sebagai teknisi di rumah sakit maka pastilah akan mengenakan baju seragam tertentu. Sebaliknya ada beberapa pekerjaan yang tidak menetapkan dress code dengan jelas. misalnya pekerjaan sebagai wartawan, biasanya boleh berpakaian lebih luwes. Tidak ada salahnya mengamati dress code karyawan di tempat kerja barumu pada saat sedang melakukan wawancara. Dengan begitu, kamu akan sedikit mendapatkan gambaran tentang pakaian seperti apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan di kantor tersebut.

Jalan keluar yang terbaik adalah melewati minggu pertama atau kedua dengan pakaian yang kurang lebih sama dengan rekan kerja yang berbusana formal di kantor. Perhatikan baik-baik terhadap hal-hal mendetil. Misalnya apakah karyawan wanita rata-rata mengenakan stocking atau tidak? Apakah karyawan pria mengenakan dasi yang konservatif atau funky? Begitu kamu mengerti dress code di tempat baru, barulah kamu bisa beradaptasi. Tunggulah beberapa bulan jika ingin memberikan sentuhan pribadi terhadap cara berbusanamu.

Bersikaplah manis kepada petugas administrasi dan karyawan biasa
Tujuan utama bersikap ramah kepada para pekerja yang kedudukannya lebih rendah adalah untuk menghormati mereka sebagai manusia yang memang patut mendapatkan rasa hormat. Dengan bersikap manis, kamu juga membuka jalan untuk bekerja sama dengan baik dengan orang-orang yang ‘memegang’ mesin faks, menjawab telepon, merapikan file dan sebagainya. Hubungan semacam ini akan mempercepat dan memperlancar pekerjaanmu. SEbaliknya jika kamu tidak sopan pada resepsionis, mungkin saja dia tidak akan menyampaikan pesan telepon untukmu. Ingatlah, hubungan baik dengan staf tidak hanya ‘memperindah’ harimu tetapi ikut memengaruhi kinerjamu.

sumber : http://id.shvoong.com/social-sciences/1835143-kiat-sukses-di-pekerjaan-baru/

0 komentar: